Harmony Award, Apresiasi untuk Keseragaman dalam Keberagaman Masyarakat Kecamatan Padang Selatan

 

Bapak Lukman Hakim Saifuddin (Menteri Agama RI) didampingi Bapak H. Salman (Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat) menyerahkan Sertifikat Harmony Award kepada Bapak Fuji Astomi, S.STP., M.Si (Camat Padang Selatan)

Berbaur, menyatu dan bertoleransi, tradisi yang telah lama dikemukakan tanpa harus dipelajari secara formal oleh masyarakat Kecamatan Padang Selatan. Masyarakat yang notabene berasal dari latar belakang etnis dan kepercayaan yang berbeda memilih bertempat tinggal dan menetap berdampingan di Kecamatan yangdijuluki sebagai miniatur mininya Indonesia.

Membudayakan kehidupan yang mengedepankan toleransi, senantiasa memberikan rasa aman dan nyaman bagi lingkungan bukan hal yang asing bagi masyarakat Padang Selatan. Tidak dipungkiri memang terkadang terdapat pergesekan antar sesama masyarakat, baik permasalahan yang berkaitan dengan etnis maupun agama atau kepercayaan. Namun hal tersebut selalu tidak berlansung lama dan berlarut-larut. Masyarakat yang senantiasa dibawah pengayoman tokoh masyarakat, Camat dan dukungan penuh dari Forkopimka memilih untuk menyikapinya dan mencarikan solusinya bersama-sama dengan bermusyawarah.

Sekiranya atas dasar inilah tepat pada tanggal 02 April 2017 lalu, Camat Padang Selatan mewakili masyarakat Kecamatan Padang Selatan menerima apresiasi dari Kementrian Agama RI dalam Penganugerahan dan Deklarasi Gerakan Cinta Kerukunan Umat Beragama-Harmony Award. Apresiasi ini diberikan secara khusus kepada tokoh-tokoh masyarakat dan lintas agama yang senantiasa menciptakan kerukunan antar umat beragama.

Dengan demikian masyarakat Kecamatan Padang Selatan mendukung penuh dan ikut serta menyatakan sikap dengan Deklarasi Cinta Kerukunan Umat Beragama;

  1. Kami umat beragama Sumatera Barat bertekad menjaga dan merawat kerukunan  intern dan antar umat beragama.
  2. Kami umat beragama Sumatera Barat bertekad menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
  3. Kami umat beragama Sumatera Barat akan menjunjung tinggi nilai-nilai toleransi dengan saling menghormati sesuai agama dan keyakinan masing-masing.
  4. Kami Umat beragama Sumatera Barat bertekad menjaga adat istiadat dan kearifan lokal yang berlaku di Sumatera Barat.
  5. Kami umat beragama di Sumatera Barat menyatakan bahwa Kebhinekaan adalah sebuah keniscayaan di tengah bangsa yang plural, oleh karena itu kami bertekad menjaga dan tidak terpengaruh oleh berbagai provokasi yang memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Senantiasa menjaga toleransi dan keharmonisan antara sesama sebagai masyarakat yang kaya akan keberagaman budaya dan kepercayaan.

Be Sociable, Share!
  • Facebook

    Leave a Reply

    Your email address will not be published.